Semestinya cara mendidik anak menurut islam

Inilah cara mendidik anak menurut islam. Sebagai orang tua tentunya Anda menginginkan bahwa anak-anak Anda dapat tumbuh dewasa dan menjadi suatu kebanggaan terbesar dalam kehidupan kita. Untuk mewujudkan harapan tersebut, keharusan Anda merupakan dengan metode mengajar mereka.





1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Usia Dini.


Biasanya orang tua memiliki rasa khawatir yang berlebihan pada buah hati. Karenanya jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan anak serta over terlalu melindungi. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda tetapi konsisten memantau dari jauh tanpa pengekangan maupun melindungi kesalahan yang dikerjakan. Ajarkan pada buah hati anda mengetahui benda-benda miliknya serta merapikanya sesudah bermain. Saat sudah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, kasih uang saku dengan dibimbing untuk disisihkan sebagai tabungan.


2. Ajarkan dan Tumbuhkan Kesanggupan Beranggapan Hati.


Biasanya orang tua acuh kepada anggapan si kecil. Mereka terlalu menganggap tak penting anggapan anak-anak. Meskipun dikala anggapan anak tak dipedulikan maka dapat berdampak mewujudkan anak minder tidak berani berpendapat. Sebagai orang tua sebaiknya belajar memperdengarkan anggapan buah hati, bila memang pendapatnya tidak benar bisa dikoreksi. Misalnya dengan memberi reaksi positif ketika si kecil beranggapan dengan meberi pujian positif meskipun pendapatnya asal-asalan.



3. Ajarkan kejujuran. Memperhatikan si kecil kita menyenangi berbohong tentu amat mengesalkan. Lebih menyebalkan lagi dikala diperintah untuk jujur buah hati kita semakin bertahan menutupi kebohongannya. Tak jarang orang tua tak tabah dengan memarahi dan menghukum anak. Melainkan  tunggu dulu, sebelum kita memarahi si kecil kita harus mengenal kenapa anak berdusta, jikalau kita telah mengerti kita dapat mengajarkan bagaimana si kecil dapat berkata jujur.}



4. Sistem mengajar si kecil agar mandiri.


Perbuatan Anda sungguh-sungguh mencintai si kecil Anda, menuruti segala keinginannya bukanlah sistem mendidik buah hati dengan benar. Bila tersebut hanya akan membuat si kecil Anda menjadi anak yang manja dan selalu mengandalkan orang lain. Bila sejak kecil anak sudah dimanjakan dengan mengikuti seluruh keinginannya, akibat ke depannya buah hati akan menjadi buah hati yang tidak mandiri dan malas sebab selalu berpikir ada orang tua yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Biasakanlah buah hati Anda untuk berupaya melaksanakan tugas mereka sendiri agar mereka dapat belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.}


Seorang anak akan merasa nyaman dan bersuka cita bila orang tua mereka menonjolkan kasih dan perhatian pada saat buah hati memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa menolong orang tua dalam mendidik buah hati. Perhatian bukan berarti berbicara tentang bagaimana Anda sebagai orang tua bisa memberikan materi atau barang-barang kesukaan buah hati, namun juga dalam perbuatan, semisal yang bisa Anda lakukan yaitu dikala si kecil Anda belajar, saat itulah Anda bisa menonjolkan perhatian dan beri Anda dengan sistem mendampingi mereka, meski hanya sekedar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian si kecil Anda akan lebih gigih dalam belajar dan kalau ada kesusahan, Anda dapat menolong si kecil menuntaskannya. Menjadi orang tua ialah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah buah hati Anda dengan bagus, karenanya anak Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer