Metode cara mendidik anak islami

Seharusnya begini cara mendidik anak islami. Sebagai orang tua tentunya Anda menginginkan bahwa buah hati-si kecil Anda bisa tumbuh dewasa dan menjadi suatu kebanggaan terbesar dalam kehidupan kita. Untuk menciptakan harapan hal yang demikian, kewajiban Anda yaitu dengan cara mengajar mereka.





1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Semenjak Usia Dini.


Umumnya orang tua mempunyai rasa kuatir yang berlebihan pada anak. Maka jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan anak serta over terlalu melindungi. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda melainkan konsisten memantau dari jauh tanpa pengekangan ataupun melindungi kesalahan yang dilaksanakan. Ajarkan pada buah hati anda mengenal benda-benda miliknya serta merapikanya setelah bermain. Dikala telah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, kasih uang saku dengan dinasehati untuk disisihkan sebagai tabungan.


2. Ajarkan dan Tumbuhkan Kecakapan Berpendapat Kecil.


Lazimnya orang tua acuh kepada anggapan anak. Mereka terlalu menganggap tidak penting pendapat si kecil-buah hati. Sedangkan ketika pendapat si kecil tidak dipedulikan karenanya dapat berimbas menghasilkan si kecil minder tak berani berpendapat. Sebagai orang tua sebaiknya belajar mendengarkan pendapat si kecil, sekiranya memang pendapatnya tidak benar dapat dibetuli. Misalnya dengan memberi respons positif ketika si kecil beranggapan dengan meberi pujian positif walaupun pendapatnya asal-asalan.



3. Ajarkan kejujuran. Melihat si kecil kita menyukai berdusta tentu benar-benar menjengkelkan. Lebih menyebalkan lagi dikala disuruh untuk jujur buah hati kita kian bertahan menutupi kebohongannya. Tak jarang orang tua tidak tabah dengan memarahi dan menghukum buah hati. Namun  tunggu dahulu, sebelum kita memarahi buah hati kita patut mengenal kenapa si kecil berdusta, jikalau kita telah mengerti kita dapat mengajari bagaimana buah hati bisa berkata jujur.}



4. Cara mendidik anak supaya mandiri.


Perbuatan Anda sangat mencintai si kecil Anda, menuruti segala keinginannya bukanlah cara mendidik si kecil dengan benar. Kalau tersebut cuma akan membikin anak Anda menjadi buah hati yang manja dan senantiasa mengandalkan orang lain. Seandainya sejak kecil si kecil telah dimanjakan dengan meniru seluruh keinginannya, akibat ke depannya buah hati akan menjadi buah hati yang tidak mandiri dan malas karena selalu berpikir ada orang tua yang akan memberikan seluruh yang diharapkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berusaha melakukan tugas mereka sendiri supaya mereka dapat belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.}


Seorang si kecil akan merasa nyaman dan bersuka cita jika orang tua mereka menonjolkan beri dan perhatian pada saat buah hati memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun dapat menolong orang tua dalam mengajar buah hati. Perhatian bukan berarti berbicara seputar bagaimana Anda sebagai orang tua dapat memberikan materi atau barang-barang kesukaan si kecil, melainkan juga dalam perbuatan, umpamanya yang dapat Anda lakukan yaitu dikala si kecil Anda belajar, ketika itulah Anda bisa menampakkan perhatian dan beri Anda dengan metode menemani mereka, walaupun hanya sekadar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian buah hati Anda akan lebih bermotivasi dalam belajar dan apabila ada kesusahan, Anda bisa menolong anak menyelesaikannya. Menjadi orang tua ialah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh buah hati Anda. Didiklah anak Anda dengan baik, karenanya si kecil Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer