Tahukah Anda cara mendidik anak 3-4 tahun

Informasi bermanfaat cara mendidik anak 3-4 tahun. Sebagai orang tua tentunya Anda mengharapkan bahwa si kecil-si kecil Anda dapat tumbuh dewasa dan menjadi suatu pujian terbesar dalam kehidupan kita. Untuk menciptakan kemauan hal yang demikian, keharusan Anda yakni dengan metode mengajar mereka.





1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Usia Dini.


Biasanya orang tua mempunyai rasa khawatir yang berlebihan pada si kecil. Maka jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan anak serta over protektif. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda tetapi tetap memantau dari jauh tanpa pengekangan ataupun melindungi kekeliruan yang dilaksanakan. Ajarkan pada buah hati anda mengetahui benda-benda miliknya serta merapikanya sesudah bermain. Saat sudah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, kasih uang saku dengan diarahkan untuk disisihkan sebagai tabungan.



2. Berikan Pujian Positif.


Kalau si kecil anda termasuk buah hati yang pemalu maka anda dapat memberikan umpan dengan mengajukan pertanyaan sehingga memicu buah hati anda untuk melontarkan pendapatnya. Berbagi kisah masa lalu Anda kepada si kecil-anak sering kali kali menjadi metode yang cukup ampuh dalam hal mengajar anak. Dengan menjalankan hal ini, setidaknya Anda sudah mengajarkan terhadap si kecil Anda mengenai pentingnya sebuah keterbukaan. Jikalau hal ini berhasil dikerjakan, maka anak Anda tak akan pernah segan untuk berbagi mengenai apa saja yang sedang dihadapinya.


3. Ajarkan kejujuran.


Jangan pernah Anda memberikan model terhadap buah hati Anda untuk berdusta. Tetapi, ajarkan mereka untuk senantiasa terbuka mengenai keadaanya, bagus itu mengenai perasaannya, atau mengenai hal-hal yang sedang dihadapinya. Cara mendidik anak seperti ini akan membuat mereka tumbuh menjadi pria yang selalu bertingkah jujur dalam kehidupannya.}


4. Sistem mengajar anak agar mandiri.


Segala orang tua pasti mengharapkan si kecilnya menjadi seorang anak yang bagus, berprestasi dan cakap membanggakan orang tuanya. Mereka melaksanakan segala metode agar si kecilnya dapat tumbuh kembang dengan optimal dan memberikan sesuatu yang positif bagi buah hatinya tersebut. Sikap terlalu posesif dan melarang terlalu berlebihan kepada si kecil yakni hal yang buruk dan tidak boleh dilaksanakan oleh para orang tua. Kalau ini akan menyebabkan perkembangan dan pengalaman si buah hati menjadi terhambat. Jangan hingga kekhawatiran berlebihan kita kepada sesuatu hal yang mungkin menimpa buah hati kita menjadi penghambat bagi kemajuan mereka. Sebisa mungkin kita sepatutnya menjadi orang tua yang bijaksana dan mampu membedakan mana yang boleh dan tidak. Bila bagus maka izinkanlah dan sekiranya buruk berikan tuntunan yang baik bagi mereka, nasehati dia dan berikan arahan dengan cara yang benar.}


Seorang anak akan merasa nyaman dan senang seandainya orang tua mereka menonjolkan beri dan perhatian pada saat si kecil memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun dapat membantu orang tua dalam mengajar buah hati. Perhatian bukan berarti berbincang-bincang perihal bagaimana Anda sebagai orang tua dapat memberikan materi atau barang-barang kesukaan buah hati, melainkan juga dalam tindakan, seumpama yang bisa Anda lakukan merupakan saat buah hati Anda belajar, saat itulah Anda bisa memperlihatkan perhatian dan kasih Anda dengan cara mendampingi mereka, meski hanya sekadar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian si kecil Anda akan lebih termotivasi dalam belajar dan sekiranya ada kesulitan, Anda bisa menolong si kecil menyelesaikannya. Menjadi orang tua yakni tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang bisa dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah si kecil Anda dengan bagus, karenanya buah hati Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer