Tahukah Anda cara mendidik anak cara rasulullah

Artikel tentang cara mendidik anak cara rasulullah. Sebagai orang tua tentunya Anda mengharapkan bahwa si kecil-anak Anda bisa tumbuh dewasa dan menjadi suatu pujian terbesar dalam kehidupan kita. Untuk menghasilkan kemauan tersebut, kewajiban Anda merupakan dengan metode mendidik mereka.






1. Berikan kasih sayang sepenuhnya.


Lazimnya, seorang anak laki-laki umumnya kesulitan dalam hal menampilkan rasa kasih sayang dan perhatian. Oleh sebab itu, ajarkan kepada mereka agar tidak malu dalam hal menunjukkan rasa kasih sayangnya. Mengajar si kecil dengan memberikan tata tertib-hukum tertentu memang penting. Melainkan, jangan lupa juga ajak anak-anak untuk bermain dan tertawa bersama. Ini dikerjakan agar si kecil-buah hati bisa belajar sesuatu dari Anda via hal-hal yang membuat Anda merasa senang.



2. Berikan Pujian Positif.


Apabila anak anda termasuk anak yang pemalu maka anda bisa memberikan umpan dengan mengajukan pertanyaan sehingga memicu buah hati anda untuk melontarkan pendapatnya. Berbagi kisah masa lalu Anda kepada si kecil-anak sering kali menjadi sistem yang cukup ampuh dalam hal mendidik anak. Dengan mengerjakan hal ini, setidaknya Anda sudah mengajari terhadap si kecil Anda mengenai pentingnya sebuah keterbukaan. Jikalau hal ini berhasil dilaksanakan, maka buah hati Anda tak akan pernah segan untuk berbagi mengenai apa saja yang sedang dihadapinya.



3. Ajarkan kejujuran. Melihat buah hati kita menyenangi berbohong tentu amat menyebalkan. Lebih menjengkelkan lagi dikala diperintah untuk jujur buah hati kita kian bertahan menutupi kebohongannya. Tidak jarang orang tua tak tabah dengan memarahi dan menghukum buah hati. Namun  tunggu dulu, sebelum kita memarahi buah hati kita wajib mengetahui mengapa buah hati berbohong, apabila kita telah paham kita bisa mengajari bagaimana buah hati dapat berkata jujur.}


4. Cara mengajar si kecil agar mandiri.


Semua orang tua pasti menginginkan si kecilnya menjadi seorang buah hati yang baik, berprestasi dan mampu membanggakan orang tuanya. Mereka melakukan semua metode agar anaknya bisa tumbuh kembang dengan maksimal dan memberikan sesuatu yang positif bagi buah hatinya hal yang demikian. Sikap terlalu posesif dan melarang terlalu berlebihan terhadap anak ialah hal yang buruk dan tak boleh dilakukan oleh para orang tua. Kalau ini akan menyebabkan perkembangan dan pengalaman si si kecil menjadi terhambat. Jangan sampai kekhawatiran berlebihan kita terhadap sesuatu hal yang mungkin menimpa anak kita menjadi penghalang bagi kemajuan mereka. Sebisa mungkin kita wajib menjadi orang tua yang bijak dan kapabel membedakan mana yang boleh dan tak. Sekiranya baik maka izinkanlah dan seandainya buruk berikan nasihat yang baik bagi mereka, nasehati ia dan berikan arahan dengan sistem yang benar.}


Seorang si kecil akan merasa nyaman dan gembira bila orang tua mereka menonjolkan kasih dan perhatian pada ketika buah hati memang memerlukan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apa saja dapat membantu orang tua dalam mendidik anak. Perhatian bukan berarti berdialog perihal bagaimana Anda sebagai orang tua bisa memberikan materi atau barang-barang kesukaan anak, namun juga dalam tindakan, contohnya yang bisa Anda lakukan merupakan saat si kecil Anda belajar, dikala itulah Anda dapat menampilkan perhatian dan beri Anda dengan metode mendampingi mereka, padahal cuma sekedar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian si kecil Anda akan lebih bermotivasi dalam belajar dan bila ada kesulitan, Anda bisa menolong si kecil mengatasinya. Menjadi orang tua yakni tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah si kecil Anda dengan bagus, maka buah hati Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer