Seperti inilah cara mendidik anak umur 2 tahun

Tahukah Anda cara mendidik anak umur 2 tahun. Sebagai orang tua tentunya Anda mengharapkan bahwa buah hati-anak Anda bisa tumbuh dewasa dan menjadi suatu pujian terbesar dalam kehidupan kita. Untuk mewujudkan kemauan tersebut, kewajiban Anda ialah dengan cara mengajar mereka.






1. Berikan kasih sayang sepenuhnya.


Biasanya, seorang anak laki-laki lazimnya kesulitan dalam hal menampakkan rasa kasih sayang dan perhatian. Oleh karena itu, ajarkan terhadap mereka agar tidak malu dalam hal menunjukkan rasa beri sayangnya. Mendidik si kecil dengan memberikan tata tertib-aturan tertentu memang penting. Melainkan, jangan lupa juga ajak buah hati-si kecil untuk bermain dan ngakak bersama. Ini dikerjakan agar anak-anak bisa belajar sesuatu dari Anda lewat hal-hal yang membikin Anda merasa berbahagia.


2. Ajarkan dan Tumbuhkan Kecakapan Berpendapat Hati.


Umumnya orang tua acuh terhadap anggapan si kecil. Mereka terlalu menganggap tak penting pendapat buah hati-anak. Meskipun ketika pendapat si kecil tidak dipedulikan karenanya bisa berdampak mewujudkan buah hati minder tak berani berpendapat. Sebagai orang tua sebaiknya belajar mendengarkan pendapat si kecil, sekiranya memang pendapatnya tak benar dapat dibetulkan. Misalnya dengan memberi respons positif dikala anak beranggapan dengan meberi pujian positif walaupun pendapatnya asal-asalan.


3. Ajarkan kejujuran.


Jangan pernah Anda memberikan contoh terhadap si kecil Anda untuk berdusta. Tetapi, ajarkan mereka untuk selalu terbuka mengenai keadaanya, bagus itu mengenai perasaannya, atau mengenai hal-hal yang sedang dihadapinya. Sistem mengajar buah hati seperti ini akan membuat mereka tumbuh menjadi pria yang selalu bertindak jujur dalam kehidupannya.}



4. Metode mengajar buah hati supaya mandiri.


Perbuatan Anda betul-betul mencintai si kecil Anda, menuruti seluruh kemauannya bukanlah cara mendidik si kecil dengan benar. Apabila tersebut hanya akan membikin buah hati Anda menjadi si kecil yang manja dan senantiasa mengandalkan orang lain. Bila semenjak kecil anak sudah dimanjakan dengan mencontoh segala kemauannya, pengaruh ke depannya anak akan menjadi buah hati yang tidak mandiri dan malas karena senantiasa berpikir ada orang tua yang akan memberikan segala yang diharapkannya. Biasakanlah buah hati Anda untuk berupaya melaksanakan tugas mereka sendiri supaya mereka bisa belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.}


Seorang buah hati akan merasa nyaman dan bersuka cita jikalau orang tua mereka menunjukkan kasih dan perhatian pada ketika si kecil memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa menolong orang tua dalam mendidik si kecil. Perhatian bukan berarti berdialog seputar bagaimana Anda sebagai orang tua bisa memberikan materi atau barang-barang kesukaan anak, tetapi juga dalam tindakan, seumpama yang dapat Anda lakukan merupakan dikala si kecil Anda belajar, saat itulah Anda bisa menampilkan perhatian dan kasih Anda dengan metode menemani mereka, meskipun cuma sekedar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian si kecil Anda akan lebih bermotivasi dalam belajar dan kalau ada kesulitan, Anda bisa membantu buah hati menyelesaikannya. Menjadi orang tua yakni tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh si kecil Anda. Didiklah anak Anda dengan baik, karenanya buah hati Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer