Metode cara mendidik anak menurut rasulullah

Baca di sini cara mendidik anak menurut rasulullah. Sebagai orang tua tentunya Anda mengharapkan bahwa si kecil-anak Anda dapat tumbuh dewasa dan menjadi suatu pujian terbesar dalam kehidupan kita. Untuk mewujudkan harapan tersebut, kewajiban Anda merupakan dengan sistem mengajar mereka.





1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Semenjak Usia Dini.


Umumnya orang tua memiliki rasa kuatir yang berlebihan pada buah hati. Karenanya jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan buah hati serta over protektif. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda namun tetap memantau dari jauh tanpa pengekangan maupun melindungi kesalahan yang dilaksanakan. Ajarkan pada buah hati anda mengenal benda-benda miliknya serta merapikanya setelah bermain. Saat telah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, kasih uang saku dengan diberi arahan untuk disisihkan sebagai tabungan.


2. Ajarkan dan Tumbuhkan Kecakapan Beranggapan Anak.


Biasanya orang tua acuh kepada anggapan buah hati. Mereka terlalu menganggap tidak penting pendapat anak-si kecil. Meskipun ketika anggapan si kecil tidak dipedulikan maka dapat berdampak mewujudkan anak minder tidak berani beranggapan. Sebagai orang tua sebaiknya belajar mendengarkan anggapan si kecil, bila memang pendapatnya tidak benar bisa dibetuli. Contohnya dengan memberi reaksi positif saat si kecil berpendapat dengan meberi pujian positif meskipun pendapatnya asal-asalan.



3. Ajarkan kejujuran. Memperhatikan si kecil kita menyukai berdusta tentu benar-benar membuat dongkol. Lebih mengesalkan lagi saat disuruh untuk jujur buah hati kita semakin bertahan menutupi kebohongannya. Tidak jarang orang tua tak tabah dengan memarahi dan menghukum anak. Melainkan  tunggu dahulu, sebelum kita memarahi si kecil kita wajib mengetahui mengapa buah hati berbohong, jikalau kita sudah mengerti kita dapat mengajari bagaimana si kecil dapat berkata jujur.}


4. Metode mendidik si kecil agar mandiri.


Seluruh orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang buah hati yang bagus, berprestasi dan sanggup membanggakan orang tuanya. Mereka menjalankan segala metode agar si kecilnya dapat tumbuh kembang dengan optimal dan memberikan sesuatu yang positif bagi buah hatinya hal yang demikian. Sikap terlalu posesif dan melarang terlalu berlebihan kepada buah hati yakni hal yang buruk dan tak boleh dikerjakan oleh para orang tua. Bila ini akan menyebabkan perkembangan dan pengalaman si si kecil menjadi terhambat. Jangan sampai kekhawatiran berlebihan kita kepada sesuatu hal yang mungkin menimpa anak kita menjadi penghalang bagi kemajuan mereka. Sebisa mungkin kita harus menjadi orang tua yang bijak dan kapabel membedakan mana yang boleh dan tak. Sekiranya baik karenanya izinkanlah dan seandainya buruk berikan pengarahan yang bagus bagi mereka, nasehati ia dan berikan arahan dengan metode yang benar.}


Seorang si kecil akan merasa nyaman dan bahagia apabila orang tua mereka memperlihatkan beri dan perhatian pada dikala si kecil memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun dapat membantu orang tua dalam mengajar buah hati. Perhatian bukan berarti berdialog tentang bagaimana Anda sebagai orang tua bisa memberikan materi atau barang-barang kesukaan anak, tetapi juga dalam tindakan, contohnya yang bisa Anda lakukan merupakan ketika anak Anda belajar, ketika itulah Anda bisa menampakkan perhatian dan kasih Anda dengan metode mendampingi mereka, sedangkan hanya sekadar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian buah hati Anda akan lebih gigih dalam belajar dan kalau ada kesulitan, Anda dapat menolong si kecil menuntaskannya. Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh buah hati Anda. Didiklah buah hati Anda dengan baik, karenanya si kecil Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer