Baca dulu cara mendidik anak 17 bulan

Seperti inilah cara mendidik anak 17 bulan. Sebagai orang tua tentunya Anda menginginkan bahwa si kecil-buah hati Anda bisa tumbuh dewasa dan menjadi suatu pujian terbesar dalam kehidupan kita. Untuk menjadikan kemauan tersebut, keharusan Anda ialah dengan sistem mengajar mereka.





1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Semenjak Usia Dini.


Biasanya orang tua memiliki rasa cemas yang berlebihan pada si kecil. Karenanya jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan si kecil serta over protektif. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda melainkan tetap memantau dari jauh tanpa pengekangan ataupun melindungi kekeliruan yang dijalankan. Ajarkan pada buah hati anda mengenal benda-benda miliknya serta merapikanya setelah bermain. Ketika telah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, beri uang saku dengan diberi arahan untuk disisihkan sebagai tabungan.


2. Ajarkan dan Tumbuhkan Kesanggupan Berpendapat Kecil.


Lazimnya orang tua acuh terhadap pendapat buah hati. Mereka terlalu menganggap tak penting pendapat buah hati-si kecil. Sedangkan saat pendapat si kecil tak dipedulikan karenanya bisa berakibat menjadikan buah hati minder tak berani berpendapat. Sebagai orang tua sebaiknya belajar mendengarkan pendapat anak, jikalau memang pendapatnya tak benar dapat dibenarkan. Seumpama dengan memberi respons positif ketika anak beranggapan dengan meberi pujian positif meski pendapatnya asal-asalan.



3. Ajarkan kejujuran. Memperhatikan buah hati kita menyukai berdusta tentu amat membuat dongkol. Lebih menjengkelkan lagi ketika diperintah untuk jujur anak kita semakin bertahan menutupi kebohongannya. Tidak jarang orang tua tidak sabar dengan memarahi dan menghukum anak. Tapi  tunggu dulu, sebelum kita memarahi anak kita mesti mengenal mengapa anak berdusta, seandainya kita telah paham kita dapat mengajari bagaimana anak dapat berkata jujur.}


4. Cara mengajar buah hati supaya mandiri.


Semua orang tua pasti mengharapkan buah hatinya menjadi seorang buah hati yang bagus, berprestasi dan kapabel membanggakan orang tuanya. Mereka melakukan segala metode agar anaknya bisa tumbuh kembang dengan optimal dan memberikan sesuatu yang positif bagi buah hatinya hal yang demikian. Sikap terlalu posesif dan melarang terlalu berlebihan terhadap buah hati yakni hal yang buruk dan tak boleh dilaksanakan oleh para orang tua. Bila ini akan menyebabkan perkembangan dan pengalaman si si kecil menjadi terhambat. Jangan hingga kekhawatiran berlebihan kita kepada sesuatu hal yang mungkin menimpa si kecil kita menjadi penghalang bagi kemajuan mereka. Sebisa mungkin kita harus menjadi orang tua yang bijak dan kapabel membedakan mana yang boleh dan tidak. Apabila baik maka izinkanlah dan jika buruk berikan nasihat yang baik bagi mereka, nasehati ia dan berikan arahan dengan sistem yang benar.}


Seorang si kecil akan merasa nyaman dan gembira seandainya orang tua mereka menampilkan beri dan perhatian pada dikala buah hati memang memerlukan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa membantu orang tua dalam mengajar anak. Perhatian bukan berarti mengobrol perihal bagaimana Anda sebagai orang tua dapat memberikan materi atau barang-barang kesukaan buah hati, tapi juga dalam tindakan, seumpama yang bisa Anda lakukan adalah ketika si kecil Anda belajar, saat itulah Anda bisa memperlihatkan perhatian dan beri Anda dengan metode mendampingi mereka, meski hanya sekedar duduk di sebelah mereka. Dengan demikian anak Anda akan lebih bermotivasi dalam belajar dan sekiranya ada kesusahan, Anda bisa membantu si kecil mengatasinya. Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh buah hati Anda. Didiklah si kecil Anda dengan bagus, maka si kecil Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.


Postingan Populer